Polres Kayong Utara Gelar Pasukan Ops Bina Karuna Kapuas 2023 Cegah Karhutla

Sukadana, Polda Kalbar - Polres Kayong Utara bertempat di halaman Mapolres Kayong Utara telah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Bina Karuna Kapuas Tahun 2023 dalam rangka pengamanan Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan Polres Kayong Utara.

Kapolres Kayong Utara AKBP Achmad Dharmianto, S.H., S.I.K pimpin apel gelar pasukan dalam rangka Operasi Bina Karuna Kapuas 2023 tahap 2 di halaman Mapolres Kayong Utara, Kamis, (15/06/2023).

Kapolres mengatakan peserta apel tersebut di antaranya, Pleton TNI-Polri, 1 Pleton Pol-pp 1 Pleton dari manggala agni serta 1 Pleton Masyarakat Peduli Api 1 Pleton Dishub, BNPB dan perwakilan dari perusahaan serta Pleton Bhabinkamtibmas beserta kendaraan roda 2 dan roda 4 Kendaraan Operasional Polres Kayong Utara dan Mobil Pemadam milik BPBD Kabupaten Kayong Utara serta Mobil pemadam Kebakaran.

Kapolres Kayong Utara mengatakan Gelar apel pasukan merupakan sarana pengecekan kesiapan dalam rangka pelaksanaan operasi bina karuna tahap II tentang pemcegahan dan penegakkan hukum terhadap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah hukum Polres Kayong Utara khusunya dan Kalimantan Barat pada umumnya. Kegiatan Operasi akan berlangsung selama 21 hari dimulai dari tanggal 15 Juni 2023 s/d 05 Juli 2023.

Lanjut Kapolres, Permasalahan karhutla perlu menjadi perhatian bersama yang mana diketahui bahwa dampak dari Karhutla sangat luas yang dapat merusak kesehatan, perusakan ekosistem serta berpengaruh terhadap perekonomian negara sehingga dapat mencegah dan menanggulanginya manakala kebakaran hutan dan lahan terjadi. 

Satgas Karhutla harus mampu menggerakkan masyarakat sekitar bersama Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang kita sebut 3 Pilar Desa, didukung dengan tim penyuluh dari instansi terkait dan potensi masyarakat serta perusahaan yang ada, termasuk kelompok peduli api. Kita harapkan seluruh instansi terkait maupun stakeholder yang ada supaya bisa saling bersinergi untuk melakukan pencegahan," tutup Kapolres.”

Penulis : BH Nusantoro, S.H Humas Polres Kayong Utara


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bhabinkamtibmas Polsek PMK Bripka Ahmad Selesaikan permasalahan antara tug boar dan Nelayan Pulau Maya.

Polsek Pulau Maya Karimata Lakukan Penyuluhan Anti Bullying dan Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak di SDN 02 Limau Manis Kec. Pulau Maya

Polsek Pulau Maya Karimata bagi sembako untuk warga yang membutuhkan dan makanan takjil untuk penguna jalan yang lewat