Sat Reskrim Polres Kayong Utara Tangkap Pelaku Pencurian disaat Tenggelamnya Kapal di Laut Pulau Kumbang

Sukadana, Polda Kalbar - Polres Kayong Utara, Kapolres Kayong Utara AKBP Achmad Dharmianto, S.H., S.I.K melalui Kasat Reskrim Iptu Dedi Sitepu, S.H., M.H mengatakan pada hari Rabu 26/07/2023, Polres Kayong Utara telah mengamankan 7 (tujuh) pelaku Pencurian saat Kapal KM.SETIA JAYA I yang dikemudikan Bahtiar Als Abas dengan muatan berupa bahan sembako, mesin-mesin dan bahan bangunan karam di perairan Pulau Kumbang Kec.Simpang Hilir Kab.Kayong Utara, yang terjadi pada hari Minggu (11/06/2023)

Dedi Sitepu mengatakan bahwa Kronologis kejadiannya Pada hari Minggu tanggal 11 Juni 2023 sekira pukul 19.00 WIB kapal KM.SETIA JAYA I yang dikemudikan Bahtiar Als Abas dengan muatan berupa bahan sembako, mesin-mesin dan bahan bangunan karam di perairan Pulau Kumbang Kec.Simpang Hilir Kab.Kayong Utara, yang mana setelah Bahtiar Als Abas dan 2 orang ABK berhasil diselamatkan oleh petugas Pol Air dan TNI AL kedaratan, keesokan harinya pelapor kembali ke tempat karamnya kapal, ternyata barang muatan pada kapal tersebut telah di jarah/ dicuri oleh sekelompok orang sehingga pelapor tidak dapat menyelamatkan satupun barang muatannya, atas kejadian tersebut pelapor mengalami kerugian Rp.1.000.000.000,- (satu milyar rupiah). 

Dari ketujuh pelaku tersebut terdiri dari 6 (enam) pelaku yang melakukan pencurian sedangkan 1 (satu) pelaku yang menadah barang curian tersebut dari para pelaku didapat Barang Bukti antara lain 35 (tiga puluh lima) batang besi beton ulir ukuran 10 inch, 90 (sembilan puluh) batang besi beton polos ukuran 10 inch, 1 (satu) unit Kapal Motor KM.FERI JAYA yang digunakan keenam pelaku tersebut untuk mengambil tanpa ijin dari Pemilik Barang tersebut dan diketahui bahwa barang tersebut adalah milik orang yang sedang mengalami Musibah yaitu Karamnya Kapal yang memuat Barang2 tersebut, sedangkan barang hasil curian tersebut dibawa dan disimpan di tempat Sdr RDW, 

Adapun Ketujuh yang ditetapkan sebagai pelaku dan penadah Adalah Sdr. .DG, Sdr. FG, Sdr ML, Sdr. SHR, Sdr. MI, Sdr. MYD, Sdr. RDW (selaku Penadah), dari para pelaku tersebut dikenakan Pasal 363 KUH. Pidana tentang tindak pidana Pencurian dengan pemberatan sedangkan Sdr. RDW dikenakan Pasal 480 KUH. Pidana, dan sekarang dalam tahap Penyidikan/Pemberkasan, dan tidak lama lagi Berkas akan dikirim Ke Kejaksaan, Tutup Dedi Sitepu.

Penulis : Iptu BH Nusantoro, S.H Humas Polres Kayong Utara


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bhabinkamtibmas Polsek PMK Bripka Ahmad Selesaikan permasalahan antara tug boar dan Nelayan Pulau Maya.

Polsek Pulau Maya Karimata Lakukan Penyuluhan Anti Bullying dan Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak di SDN 02 Limau Manis Kec. Pulau Maya

Polsek Pulau Maya Karimata bagi sembako untuk warga yang membutuhkan dan makanan takjil untuk penguna jalan yang lewat